Experiences, Uncategorized

Job Seeking Experience!!


Mencari pekerjaan menjadi sebuah kegiatan lazim yang dilakukan oleh kebanyakan lulusan yang baru keluar dari sekolah atau pun universitas. Perjuangan mencari kerja bagi sebagian orang, terutama Fresh Graduates, menjadi hal yang baru, sulit dan sangat menantang dengan beragam tes rekrutmen. Tetapi menjadi sesuatu yang mudah bagi sebagian sarjana lainnya yang beruntung hanya melalui tes wawancara atau bahkan tes wawancara hanya sebuah formalitas.

Tantangan-tantangan mencari pekerjaan tersebut ternyata juga dialami oleh saya sebagai fresh graduates dan ini lah beberapa pengalaman yang bisa dibagikan.

  1. PT. KIE INDONESIA

Perusahaan ini mungkin masih terdengar asing oleh teman-teman tapi kalau saya sebutkan KUMON pasti bagi sebagian orang sudah tidak merasa asing lagi. Iya, KUMON meru

pakan kursus Matematika terkenal yang dikelolah oleh PT.KIE ini.

Kebetulan saya mendapatkan kesempatan ini dengan mendaftar di Jobfair Balai Kartini 2016 lalu. Kemudian saya di undang tes rekrutmen sebagai Management Trainee di Head Office PT.KIE yang letaknya di Jakarta Timur, Matraman. Untuk perjalanan ke sana, saya menggunakan Commuter Line dan turun di Stasiun Jatinegara, lalu saya menggunakan Gojek untuk ke kantor tersebut.

Tes rekrutmen tahap pertama di PT.KIE itu sebenarnya tidak terlalu sulit, karena hanya ada tes bahasa Inggris dan juga tes Matematika. Namun, berhubung ini pertama kali nya saya bertemu dengan soal-soal seperti ini, waktu yang singkat dan tidak banyak persiapan, saya belum lolos untuk ketahap selanjutnya. Tetapi tahap berikutnya jika lolos kita akan menghadapi tes wawancara, FGD lalu sepertinya tes wawancara HRD dan tes wawancara user, baru tanda tangan kontrak.

2. PT. PTI

Selanjutnya adalah PT.Paragon Technology & Innovation, lagi-lagi nama perusahaan ini masih terasa asing terutama bagi saya. Tapi ternyata ini adalah perusahaan yang menaugi brand-brand terkenal salah satu nya Wardah. Nah iya, perusahaan ini merupakan induk nya Wardah, Make Over, Emina dan beberapa brand perawatan rambut.

Saya mendapatkan undangan tes ini dua kali, pada akhir tahun lalu dan pada bulan maret ini. Tahun  lalu saya mendaftar di Jobfair Balai Kartini dan tahun ini di Jobfair UI dengan posisi MT Brand Development atau Business Development. Head Office nya sendiri ternyata tidak terlalu jauh karena lokasinya di Ciledug. Saya tinggal naik Kereta turun di Stasiun Kebayoran dan kemudian naik Gojek. Kebetulan saya mencoba dua kantor PT.PTI ini, saya pernah melaksanakan tes Head Office yang di daerah perumahan dan kantor yang berada di jalan raya Ciledug.

Rangkaian tes rekrutmen di PT. PTI ini kebetulan rangkaian yang cukup menguras otak dan melelahkan. Pada tes tahun lalu saya hanya mendapat kesempatan hingga tahap dua dan pada tahun ini Alhamdulillah saya masih menunggu untuk pengumuman tahap selanjutnya. Tahapan tes rekrutmen disini  memberlakukan sistem gugur tiap tahapnya sehingga benar-benar menyaring dan tersisa sedikit. Tahap pertama yaitu Tes Psikotes dasar seperti tes sinonim, antonim, spasial dan semacannya. Tahap selanjutnya yaitu tes koran, tes yang menjumlahkan dan bolak balik. Lalu tahap ketiga adalah tes psikotes lagi, disini kita disuruh isi pertanyaan mengenai keluarga dan diri kita, kemudian ada tes warteg, tes pohon, tes gambar orang dan ada dua tes psikotes lainnya yang cukup menguras otak. Selanjutnya jika lolos tahap ketiga tersebut, kita akan menghadapi tes wawancara, bisa dengan HRD atau mungkin langsung User.

3. SUN Education

SUN Education ini merupakan sebuah perusahaan konsultan pendidikan luar negeri dimana perusahaan ini dapat membantu siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Saya mendapatkan undangan untuk tes rekrutmen ini karena saya pernah melamar di Jobsdb sebagai Visa Officer atau mungkin Admission Officer. Lokasinya sendiri cukup jauh menurut saya, karena berlokasi di Jakarta Barat. Saya harus menggunakan kereta turun di Stasiun Kebayoran dan dilanjutkan dengan Gojek.

Tes rekrutmen ini juga cukup melelahkan karena dilakukan seharian. Tes pertama nya adalah tes bahasa inggris, kemudian baru tes psikotes dimana ada tes spasial dan ada tes PAPI. Setelah itu saya dikasih soal lagi sebuah tes Essay menggunakan bahasa Inggris dan harus dijawab dengan bahasa Inggris pula. Dan tes terakhir adalah tes wawancara oleh HRD, pada tes wawancara ini juga diharuskan menggunakan bahasa inggris.

4. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Saat itu DJKI ini sedang membuka pendaftaran untuk tenaga honorer dan untuk mendaftar diharuskan membawa berkas langsung ke DJKI ini. Lokasinya sendiri berada di tengah kota Jakarta jadi tidak terlalu sulit, DJKI ini berada di daerah Kuningan sehingga menggunakan kereta dan melanjutkan dengan Busway bisa. Pada saat mendaftar bisa dikatakan sangat banyak, untuk yang melamar bagian Admin hampir 600 orang sedangkan yang dibutuhkan hanya 16 orang.

Tahapan tes ini cukup menguras waktu dan ongkos, karena tiap tahapnya berbeda-beda waktunya. Pada tes pertama ini adalah tes pengetahuan umum dan seputar DJKI. Lalu jika lolos kita akan ke tahap tes komputer seperti menguji kemampuan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Selanjutnya adalah tahap terakhir yaitu tes Wawancara. Pada tahap wawancara saja masih mencapai 60 orang.

5. Gramedia Pustaka Asri

Gramedia, perusahaan yang sudah tidak asing lagi. Saya melamar di perusahaan retailnya Kompas Gramedia sebagai Store Supervisor. Saya mendapat kesempatan untuk tes rekrutmen disini melalui Walk in Interview di Gramedia Matraman dan kebetulan saya mendapatkan kesempatan tes kembali di Kantor Gramedia daerah Kampung Melayu. Cukup jauh dan sedikit rumit, karena saya harus turun di stasiun Manggarai dan melanjutkan dengan Gojek.

Tes Store Supervisor ini menurut saya cukup melelahkan karena sangat banyak sekali tahapannya. Pada tahap pertama merupakan Walk In Interview, kita diharuskan mengisi form CV dan kemudian melanjutkan dengan tes wawancara. Tes wawancara ini menurut saya sangat berkesan bagi saya tidak hanya pertanyaannya tapi mba HRD nya, karena tidak hanya ditanya seputar pekerjaan, saya juga ditanya-tanya soal skripsi saya bahkan sampai pendapat saya soal perpolitikan di Indonesia yang sedang panas-panasnya. Lalu kemudian tes berikutnya adalah tes psikotes, disini bertemu dengan tes psikotes seperti biasa tes spasial, sinonim, antonim dan semacam itu. Kemudian tes PAPI dan juga tes Pauli, untungnya. Karena tes Pauli ini tidak terlalu menguras otak dan tenaga. Setelah lulus tes psikotes ini akan dilanjutkan dengan tes LGD, pada tes ini ditanyakan soal kepemimpinan. Dan tahap berikutnya kita kembali bertemu dengan tes wawancara dengan HRD, setelah itu kita diadakan Medical Check Up, selanjutnya offering salary dan baru tanda tangan kontrak.

6. PT. Cimory Dairy Shop

PT. Cimory Dairy Shop, mungkin sudah tidak asing lagi bagi teman-teman dengan merk Yoghurt satu ini. Saya mendapatkan undangan tes ini cukup lama sekali. Saya mendaftar di Jobfair Istora tahun lalu tapi saya baru mendapatkan undangan pada maret tahun ini. Posisi yang ditawarkan yaitu Sales Leader Trainee dan Center Leader Trainee.

Lokasinya cukup rumit bagi saya karena berlokasi di Jakarta Barat daerah Meruya dan berhubung tes nya pagi, jadi Gojek masih mahal. Saya memutuskan untuk naik busway setelah turun dari Stasiun Kebayoran, dilanjutkan dengan busway berhenti di Kebon Jeruk dan kemudian baru naik Gojek. Lumayan lah, lebih murah sedikit.

Tes tahapannya sendiri seperti biasa adalah tes psikotes yang spasial, sinonim dan antonim seperti itu. Lalu jika lolos dilanjutkan dengan tes wawancara dan esoknya diadakan magang sehari di lokasi CLT tersebut.

7. Bintang Pelajar

Lagi-lagi nama nya masih terasa asing bagi saya, tapi ternyata ini merupakan lembaga bimbingan belajar yang sangat berbasis islami, hal yang benar-benar diluar dugaan saya. Saya mendapat undangan tes karena mendaftar pada waktu Jobfair di UI kemarin. Sayangnya, untuk wanita hanya tersedia lowongan sebagai guru dan front office. Tes nya sendiri dilakukan di FISIP UI pada hari sabtu.

Tes nya sendiri dalam satu hari ada tiga tes. Pertama Tes Prinsip Islam, kedua Tes Psikotes dan ketiga Tes Bidang Akademik sesuai pilihan masing-masing. Tes Bidang Akademiknya sendiri ini unik karena ada kisi-kisinya terlebih dahulu. Jika lolos tahap ini selanjutnya adalah tes Microteaching dan juga tes baca Alquran.

Begitu lah beberapa pengalaman pencarian kerja saya yang menurut saya menarik untuk dibagikan. Semoga bermanfaat dan mendapatkan gambaran tentang mencari kerja.

Leave a Reply

