Buku, Indonesia, Review

[Review Buku] UltimateU – Rene Suhardono


“A Journey of a thousand miles must begin
with a single step.
You just made that step by reading this book.
Question everything –
Believe in your own uniqueness –
Be honest, courageous & compassionate
at all time, no matter what.”

That is the final note from one of my favorite book. Amazing!

Buku yang memiliki judul lengkap Your Journey To Be The #UltimateU, ditulis oleh Rene Suhardono. Beliau merupakan seorang penulis, public speaker, Career coach, pembisnis dan pengusaha. Beliau seorang pendiri dari ImpactFactory. Beliau juga penulis buku Your Job is Not Your Career, yang juga berhasil laris di pasaran. Sebelumnya, UltimateU telah dimuat di kolom kompas sejak 2010 dan diterbitkan dalam bentuk buku 2011. Buku yang saya miliki merupakan buku cetakan kelima yang diterbitkan tahun 2012.

Sampul buku nya sendiri bisa dikatakan simpel dan minimalis tetapi memiliki makna tersendiri. Dengan dominasi warna abu-abu, merah, putih, dan silver menjadikan buku ini tampak simpel dan minimalis. Namun, penggunaan warna silver glossy, seperti kaca buram di sampul depan, menjelaskan makna tersendiri, dimana kita dibiarkan untuk melihat diri kita sendiri dari sampul depan tersebut.” Apakah kita sudah menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri?”.

Buku ini berisikan cerita-cerita inspiratif dan panduan untuk kita dalam memulai petualangan kehidupan yang dapat menjadikan kita sebagai versi terbaik dari diri kita sendiri.

Entah mengapa, saya bingung untuk menilai kekurangan dari buku ini. Bahasa yang digunakan Rene sangat mudah dipahami dan tidak ditulis dengan bertele-tele. Buku yang pernah saya baca dan memiliki tipe yang sama dengan buku ini, biasanya hanya menyajikan sebuah konsep-konsep yang saya rasa kurang realitas dan terkadang terlalu bertele-tele, padahal intinya hanya itu saja. Dalam satu halaman, kita hanya akan menemukan 1-3 paragraf dengan spasi yang cukup besar, dan menurut saya ini kelebihan sendiri karena kita tidak akan dipenuhi dengan penjelasan-penjelasan saja. Warna-warna yang digunakan dalam setiap kolom juga menjadi pewarna dan membuat buku ini tidak monoton. Serta penggunaan Quote-quote yang menohok hati telah menjadikan buku ini favorit saya.

Menurut saya, buku ini-benar harus dibaca terutama untuk seluruh para  pemuda Indonesia. Karena sejujurnya membaca buku ini juga telah menyadarkan saya untuk menjadi manusia. Dan buat kalian yang masih bingung dengan passion, karier atau target hidup, buku ini wajib untuk dibaca. Intinya sih rekomendasi banget. Ah, mungkin satu kekurangan menurut saya, tidak ada daftar isi. Hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s