Bahasa Inggris, Belajar

Rumus Tenses Bahasa Inggris


Post kali ini merupakan lanjutan dari post sebelumnya yang ngebahas tentang Tenses, bisa di lihat sebelumnya dengan klik link disebelah ini Resep & Trik Menggunakan Tenses Bahasa Inggris . Nah, untuk memenuhi janji di post sebelumnya, saya akan memberikan sedikit penjelasan dan tabel yang akan memudahkan untuk menghafal si rumus Tenses tersebut. 

Tenses.PNG
16 Tenses Bahasa Inggris

Kalau dilihat dari tabel diatas, rumus-rumus tenses sebenarnya tidak terlalu rumit. Perbedaan cukup berbeda sebenarnya ditunjukkan dari pola Past. Pola Present, Future dan Past Future sebenarnya memiliki kesamaan. Dari ketiga pola tersebut hanya berbeda di Future yang harus menggunakan Shall/Will dan Past Future yang harus menggunakan Should/Would, sedangkan Present  tidak menggunakan kedua itu.

Nah, langsung saja pada penjelasannya.

Simple. Rumus Simple ini juga sangat sederhana dan mudah. Kalau kita mau membicarakan pada waktu Present, kita hanya butuh V1 ditambah s/es jika subjek tunggal.Sedangkan Past, kita butuh kata kerja bentuk lampau atau V2. Sedangkan untuk Future dan Past Future, hanya butuh bentuk shall/will atau should/will dan V1. Sederhananya, agar mudah diingat kalau Simple semua kata kerja bentuk V1 kecuali Past yaitu V2.

Continous. Pola ini biasanya untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung. Sehingga kata kerja yang dibutuhkan biasanya V-Ing, tetapi V-Ing harus selalu di dampingi oleh To Be. Sih To Be ini lah yang membedakan dan harus selalu diingat bentuknya.

Perfect. Pola ini biasanya untuk menjelaskan kejadian yang telah dilakukan sebelumnya dan telah selesai. Karena menjelaskan kejadian yang telah selesai, logika nya kata kerja yang kita butuhkan adalah Kata kerja bentuk ke-3 atau V3, sehingga semua pola ini memakai V3. Hanya saja, sebelum V3 harus ada have/has atau pun had untuk bentuk Past.

Terakhir, Perfect Continous. Dilihat dari nama aja, ini gabungan dari kejadian yang telah dilakukan sebelumnya dan kejadian yang sedang berlangsung. Jadi, bisa diartikan pola ini biasanya digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sudah dikerjakan dari sebelumnya dan masih terus berlangsung. Karena dia gabungan, rumusnya juga ikut gabungan. Kata kerja yang digunakan V-Ing dan diikuti oleh bentuk Have Been atau Had Been.

Sebenarnya tidak perlu untuk menghafal Tenses, yang terpenting kita paham maksud dari pola-pola nya seperti penjelasan di post sebelumnya. Selama kita sudah menguasai si Kunci ini, saya rasa kita tidak perlu menghafal dan bingung-bingung lagi. Tetapi kalau masih bingung, mungkin bisa dilihat kembali Tabel diatas, Post Sebelumnya atau tanya-tanya di komen.

Sekian, semoga bermanfaat dan semoga paham!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s