Bahasa Inggris, Belajar

Resep & Trik Menggunakan Tenses Bahasa Inggris


Setelah sekian lama berkutat dengan kerumitan pola Tenses Bahasa Inggris ini, akhirnya saya dapat menemukan kunci yang  akan memudahkan untuk belajar, menghafal dan bahkan menggunakan Tenses tersebut. Sebelum perjalanan panjang ini berakhir, saya sudah mencoba berguru ke guru bahasa inggris, teman-teman yang ahli di Bahasa Inggris dan membeli buku-buku Tenses. Namun, tetap saja tidak dapat menemukan kunci yang pas untuk membuka kerumitan Tenses di otak saya. Pada akhirnya saya menemukan kunci ajaib yang benar-benar membuka pintu Tenses tersebut, walaupun masih belum sempurna tapi  kunci ini dapat menjadi resep yang jitu untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan Tenses. 

Resep nya sangat sederhana. Pertama yang perlu kita pahami yaitu ada nya 4 waktu dalam Tenses. 4 waktu tenses itu ialah Present, Past, Future, dan Past Future. Present diartikan sebagai waktu saat ini. Past sebagai waktu masa lalu. Future sebagai waktu masa depan. Past Future sebagai penggabungan antara waktu masa lalu dan masa depan, dimana biasa nya Past Future digunakan untuk kalimat pengandaian.

Jadi, ketika kita ingin membicarakan waktu yang terjadi saat ini atau kejadian yang hasil nya dirasakan saat ini, kita sebaiknya hanya menggunakan pola-pola di Present. Apabila kejadiannya terjadi di masa lalu atau lampau, kita sebaiknya hanya menggunakan pola-pola di Past. Dan begitu juga untuk berbicara mengenai kejadian-kejadian di masa depan, kita sebaiknya menggunakan pola-pola di Future. Sedangkan Past Future, sejujurnya saya masih merasa rumit dengan bentuk waktu ini, tapi yang paling mudah dipahami ialah bentuk ini biasanya menjelaskan pengandaian atau persyaratan. Disaat sebuah kejadian di masa lampau terpenuhi maka kejadian di masa depan akan terjadi atau dalam kalimat bahasa indonesia nya “jika saya kemarin ke Dokter, maka saya akan masuk sekolah besok”.

Nah setelah kita memahami benar-benar resep yang diatas, kapan di pakai nya. Baru lah kita maju ke resep yang kedua yaitu, pola-pola nya. Pola nya itu juga punya 4 macam, Simple, Continous, Perfect, dan Perfect Continous.

Pada resep kedua ini, kita juga harus benar-benar paham tujuan pola-pola tersebut. Simple ini merupakan pola yang paling sederhana, karena dia digunakan untuk menjelaskan fungsi aslinya. Misal, simple past digunakan untuk menjelaskan kejadian-kejadian di masa lampau atau simple future untuk kejadian-kejadian di masa depan. Tetapi pola Simple ini tidak dapat menerangkan, apakah kejadiannya sedang berlangsung atau sudah selesai dan semacamnya.

Selanjutnya, Continous biasa nya pola ini digunakan untuk kejadian yang sedang berlangsung. Misal, Past Continous, artinya sebuah kejadian yang sedang berlangsung tapi terjadi masa lampau. Begitu juga dengan Future Continous, kejadian yang sedang berlangsung tapi waktunya di masa depan.

Perfect, pola ini diartikan sebagai kejadian yang telah selesai. Jadi, Past Perfect ialah kejadian yang di masa lalu telah selesai atau Future perfect yaitu kejadian yang di masa depan akan selesai pada waktu yang ditentukan.

Dan pola terakhir, Perfect Continous yaitu kejadian yang sudah dikerjakan sebelumnya tetapi belum selesai atau masih terus berlangsung . Misal, Past Perfect Continous artinya kejadian yang sudah dikerjakan dan masih berlangsung di masa lalu. Sedangkan Future Perfect Continous, kejadian yang sudah dikerjakan dan masih berlangsung di masa depan.

Resep sederhananya, ketika kita mau Speaking atau Writting kita harus memastikan mau membicarakan masa lalu, masa depan atau saat ini. Kemudian, apabila ingin membicarakan kegiatan sederhana dan tidak menekankan pada waktu kapan terjadi nya, kita hanya menggunakan simple juga dirasa cukup.

Untuk trik mudah menghafal rumus Tenses itu sendiri juga mudah apabila sudah benar-benar memahami Resep diatas. Mungkin penjelasan detailnya akan saya share di post selanjut. Sekian!!

Ps. Kalau ada salah mohon maaf dan tolong koreksikan ya..dan kalau ada pertanyaan silahkan komen…

Referensi:

Advertisements

1 thought on “Resep & Trik Menggunakan Tenses Bahasa Inggris”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s