Buku, Review

[Review Buku] Dong mu -Jamal


goodread-dongmu
Sumber: Goodread

Buku yang memiliki cover berwarna hijau gelap dengan gambar nuklir yang mendominasi, merupakan buku yang ditulis oleh Jamal, seorang penulis yang telah menerbitkan beberapa buku dengan judul yang juga unik-unik. Judul yang sangat asing di telinga dan cover yang tidak terlalu menarik, membuat saya meng-underestimate buku ini. Namun, ketika melihat tulisan International Atomic Energy Agency atau dikenal IAEA rasa penasaran mulai muncul untuk membaca sinopsis dan keseluruhan isinya. 

Cerita fiksi ini menceritakan seorang pengawas tenaga nuklir yang bekerja di Badan Tenaga Nuklir Internasional (IAEA) bernama Herman. Ia diharuskan untuk bertugas ke Jepang dan Korea dengan terjadinya Uji Coba Nuklir Korea Utara yang nyasar kelautan Jepang, untuk mengidentifikasi tidak ada hulu ledak nuklir di senjata tersebut. Tetapi, kedatangannya tersebut juga menyebabkan diri nya harus terlibat dalam masalah penculikan agen rahasia Amerika Serikat oleh seorang oknum Korea Utara. Herman diminta menjadi penghubung antara oknum Korea Utara dengan Amerika Serikat, dan mengantarkan tebusan Uranium yang besar ke Korea Utara, sedangkan diri nya saja dilarang masuk ke Korea Utara . Kesulitan-kesulitan dan kegalauan antara militer Korea Selatan sebagai negara keberangkatan Herman ke Korea Utara dan Amerika Serikat juga menjadi bumbu-bumbu yang semakin membuat rumit petualangan Herman ke Korea Utara.

Novel fiksi yang menurut saya sangat menarik. Menceritakan keadaan perpolitikan sebenarnya antara Korea Utara, Amerika Serikat dan Korea Selatan. Bahasa yang sangat mudah dipahami, telah menambah pengetahuan pembaca mengenai keadaan Politik Internasional. Bahkan opini-opini penulis mengenai politik internasional juga terpampang jelas dari dialog-dialog Herman. Penulis juga berhasil dalam menceritakan kisah ini dengan sedetail-detailnya dalam buku yang tidak tebal ini. Tokoh-tokoh yang juga riil ternyata ada, menyebabkan pembaca bertanya-tanya soal kefiksian buku ini. Saya rasa buku ini dapat menjadi buku yang patut dibaca apalagi bagi para pecinta novel detektif atau yang menyukai isu-isu internasional, terutama yang tertarik dengan hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s